Pembahasan Rumus GLBB Gerak Lurus Berubah Beraturan disertai Contoh Soal

Gerak lurus berubah beraturan atau yang biasa di singkat menjadi GLBB merupakan sebuah materi yang populer di kalangan pelajar SMA. Biasanya materi ini keluar pada semester pertama kelas X.

GLBB Sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita contohnya saja buah yang jatuh dari pohonnya. Peristiwa tersebut termasuk GLBB karena buah tersebut semakin lama pergerakan jatuhnya maka akan semakin bertambah kecepatannya. Ada juga contoh lain yaitu kecepatan suatu kendaraan yang melambat karena adanya gaya yang dilakukan oleh rem untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan tersebut.

Dari dua contoh diatas dapatkan anda menyimpulkan apa itu GLBB ? GLBB adalah gerak lurus suatu obyek dimana obyek tersebut kecepatannya akan berubah karena adanya percepatan yang tetap (Konstan). Obyek tersebut bisa semakin cepat bisa juga semakin melambat tetapi dengan percepatan yang tetap.

Rumus GLBB

Kita langsung saja membahas rumus dari gerak lurus berubah beraturan.
Rumus GLBB diatas dapat anda gunakan tergantung kebutuhan anda dalam menjawab soal. Misal anda ingin mencari kecepatan suatu obyek yang mengalami gerak lurus berubah beraturan maka anda dapat menggunakan rumus pertama, jika anda ingin mencari jarak tempuh dari sebuah benda yang mengalami GLBB maka anda dapat menggunakan rumus yang kedua.

Contoh Soal Tentang GLBB

  1. Sebuah mobil yang semula bergerak dengan kecepatan 90 km/jam mempercepat lajunya dengan percepatan 4 m/s2. Dalam waktu setengah menit berapa jarak yang akan ditempuh oleh mobil tersebut?
  2. Sebuah motor mula-mula diam bergerak dengan kecepatan 18 km/jam, dalam waktu 5 detik berapa percepatan yang dialami motor tersebut.
Baiklah akan saya bahas kedua soal diatas.
Soal pertama
Mula-mula anda harus mengubah kecepatan dari km/jam menjadi m/s
90 km/jam = 25 m/s
Setengah menit = 30 detik
S = Vo t + 1/2 a t2S = 25 . 30 + 1/2 . 4 . 30
S = 750 + 60
S = 810 meter
Soal kedua
Sama seperti pembahasan soal pertama kecepatannya juga diubah dulu dari km/jam menjadi m/s.
18 km/jam = 5 m/s
Vt = Vo + a t
a t = Vt - Vo
a = (Vt - Vo) / t
a = (5 - 0) / 5
a = 1 m/s
Sampai disini dulu penjelasan kali ini mengenai gerak lurus berubah beraturan. Tetap update info mengenai rumus fisika hanya di gudangrumus.com ya.