Rumus Menghitung Luas Permukaan Tabung

Tabung merupakan sebuah bangun ruang yang terdiri atas dua buah lingkaran yang sejajar dan kongruen serta sebuah bangun yang menjadi selimut bangun tersebut. Tabung sudah pasti berbentuk silinder karena sisi selimut bangun tersebut yang lengkung. Soal yang sering keluar saat ujian biasanya ialah menghitung luas permukaan tabung.

Sobat RumusPedia semua, untuk itu kali ini kami akan membahas rumus matematika tersebut agar bisa dipahami dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan luas permukaan tabung ini. Silahkan anda simak artikel ini.

Rumus luas permukaan tabung dapat diperoleh dengan menghitung luas tiap-tiap bangun datar yang menjadi pembentuk tabung tersebut. Ada dua bangun yang membentuk tabung yaitu 2 buah sisi lingkaran yang kongruen dan sebuah selimut persegi panjang. Masing-masing bangun datar tersebut dihitung luasnya kemudian ditambahkan hingga menghasilkan luas permukaan tabung.

Secara umum rumus luas permukaan tabung ialah sebagai berikut :

Luas permukaan tabung = (2 x Luas alas) + Luas selimut tabung
Luas alas merupakan luas lingkaran dan Luas selimut tabung yaitu luas persegi panjang.
Luas lingkaran = π.r 2
Dimana π  merupakan perbandingan (rasio) antara keliling lingkaran dengan diameternya yaitu 22/7 atau 3,14 dan r merupakan jari-jari lingkaran.
Luas persegi panjang = p x l
Dimana p = panjang dan l adalah lebar dari bangun persegi panjang.

Agar lebih mudah anda dapat melihat penjelasan di gambar berikut :
luas permukaan tabung

Dibawah ini merupakan contoh penyederhanaan rumus dari luas persegi panjang tersebut :

luas permukaan tabung
Dengan melihat dari rumus diatas maka rumus luas permukaan tabung dapat disederhanakan menjadi :
rumus luas permukaan tabung = 2 π (r + t).

Nah sekian pembahasan kali ini, anda bisa mencoba mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan menghitung luas permukaan tabung. Selamat belajar.