Rumus Menghitung Gaya Sentripetal

Rumus gaya sentripetal akan kita bahas disini, dimana gaya sentripetal itu adalah gaya yang bekerja pada sebuah benda yang bergerak melingkar. Nah gaya tersebut selalu menuju ke pusat lingkaran. Nanti pada pembahasan ini juga akan kita temukan kata sentrifugal yang merupakan reaksi dari gaya sentripetal itu sendiri dimana hanya arahnya saja yang berlawanan dengan sentripetal.

Pelajaran mengenai gaya sentripetal ini biasa anda temukan pada saat anda duduk dibangku sekolah menengah atas (SMA) tepatnya pada kelas X. Pelajaran fisika ini menurut saya gampang-gampang susah tergantung pemahaman kita masing-masing sih.

Baiklah back to the topic, Rumus umum dari gaya sentripetal adalah sebagai berikut :

Rumus Gaya Sentripetal

Fs = m . a
Fs = m .( v2 / R)
as = v2 / R

Nah penjelasan dari rumus diatas adalah sebagai berikut :
  • as = Merupakan percepatan sentripetal
  • v = Kecepatan
  • R = Jari-jari
Nah untuk semakin menguatkan pemahaman anda dalam materi gaya sentripetal ini mari kita lihat gambar dibawah ini :

rumus gaya sentripetal

Pada gambar diatas dapat kita lihat penjelasan sebagai berikut :
  • Gaya sentripetal (centripetal force) selalu mengarah ke pusat lingkaran.
  • Gaya sentrifugal (centrifugal force) selalu mengarah ke luar lingkaran. Dengan kata lain gaya ini selalu bertolak belakang / berlawanan arah dengan gaya sentripetal.
  • Bola berputar sesuai gambar diatas, itulah yang merupakan kecepatan pada gaya sentripetal ini.
Gambar diatas merupakan gambar penjelas yang akan memberikan contoh kepada anda mengenai pergerakan dari gaya sentripetal itu sendiri. Supaya anda lebih mudah dalam memahami rumus gaya sentripetal ini.

Pengertian lain dari gaya sentripetal yaitu gaya yang membuat suatu benda untuk bergerak melingkar.

Nah bagaimana? Apakah penjelasan mengenai gaya sentripetal kali ini cukup? Semoga anda bisa memahami pembahasan mengenai rumus gaya sentripetal kali ini. Selalu buka Blog Gudang Rumus jika anda kesulitan dalam mencari rumus-rumus yang berhubungan dengan fisika ataupun matematika. Selamat belajar.