Rumus Prisma Segitiga (Luas Permukaan dan Volume)

Hai sobat Gudang Rumus semua, kali ini kita akan membahas rumus prisma segitiga. Rumus yang akan kita bahas kali ini yaitu rumus luas permukaan dan rumus volume pada prisma segitiga.

Ciri yang paling menonjol pada limas segitiga yaitu alasnya yang berbentuk segitiga, memiliki 5 buah sisi yang terdiri dari 3 sisi tegak 1 alas dan 1 tutup, memiliki 6 titik sudut dan 9 rusuk.

rumus prisma segitiga

Sebelumnya kita sudah membahas sebuah prisma yaitu sebuah prisma yang memiliki sisi alas dan tutupnya berbentuk lingkaran atau biasa kita sebut sebuah tabung. Prisma memiliki rumus umum yaitu :

L = (2 x luas alas) + luas selubung
Untuk luas alas dan selubung tersebut tentu bergantung pada prisma apa yang dicari luas permukaannya. Misal saja prisma segitiga tentu saja memiliki 2 buah sisi alas yang berbentuk segitiga dan 3 sisi tegaknya yang berbentuk persegi panjang sebagai selubungnya.

V = Luas alas x tinggi prisma
Luas alas juga tergantung pada bangun ruang yang dicari volumenya. Misal jika luas alasnya adalah segi empat maka rumus alasnya adalah panjang x lebar, jika segitiga rumus alasnya adalah 1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga.

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Karena segitiga tentu saja alasnya adalah segitiga, maka rumusnya adalah :

L = (2 x luas segitiga) + luas selubung
L = (2 x 1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) + luas selubung

Rumus Volume Prisma Segitiga

Sama seperti pembahasan luas permukaan tadi karena alas segitiga maka rumusnya menjadi :
V = Luas segitiga x tinggi prisma
V = (1/2 x alas segitiga x tinggi segitiga) x tinggi prisma

Ok sekian pembahasan kali ini. Selamat belajar ya sobat RumusPedia semua.